-->

Daftar Cara Membuat Twitter

  1. Kunjungi www.twitter.com
  2. Klik Sign Up
  3. Isi seluruh data yang disyaratkan dan menyetujui ketentuan yang telah ditetapkan oleh Twitter. Akhir dari pendaftaran adalah kunjungi email-mu untuk mengkonfirmasi akun baru Twitter.
Definisi
Tweet adalah pesan yang dikirim atau ditulis melalui Twitter.

1. Halaman Depan


Fitur penting yang ada di Halaman depan:
1. Statuse Update Bar. Ini adalah tempat dimana kamu bisa menuliskan status sampai 140 karakter. Kamu bisa menambahkan gambar, video, artikel, dan tulisan lainnya.

2. Twitter Feed. Ini adalah feed untuk tweet-mu dan tweet orang lain yang kamu ikuti.Twitter Feed adalan tempat untuk memeriksa seluruh status semua orang.

3. Trending Topics: Daftar perbincangan yang paling terkenal di dunia pada saat itu. 

4. Who to follow. Ini adalah daftar orang atau organisasi yang disarankan Twitter agar kamu ikut bergabung didalamnya berdasarkan referensi dari orang yang sudah kamu ikuti. Daftar ini dihasilkan oleh algoritma yang sama seperti iTunes atau Match.com.

5. Following. Ini adalah daftar orang-orang yang kita ikuti dan Followers adalah daftar orang-orang yang mengikuti kita.

2. Mengirim Tweet


Mengirim Tweet
Pada umumnya pesan yang dikirim adalah (1) pendapat pribadi, (2) artikel, dan (3) gambar. 

Mengirim Pendapat Pribadi
Cukup kunjungi Statuse Update Bar dan ketik tulisanmu, perlu diingat bahwa kamu hanya bisa menulis 140 karakter. Setelah selesai tekan "Tweet"

Mengirim Artikel
Untuk mengirim artikel, kamu bisa copy paste URL ke dalam bar status update. Namun, perlu diingat bahwa kamu hanya memiliki 140 karakter per Tweet dan panjang link bisa jadi lebih dari 40 karakter. Ada cara untuk mempersingkat URL (Lihat pada  Fungsi Twitter secara Khusus).

Mengirim Gambar
Twitter dibuat tidak untuk mengirim gambar. Namun, beberapa pengembang software telah membuat aplikasi yang memungkinkan kamu bisa mengirim gambar dan video melalui Twitter. Kunjungi salah satu situs berikut: plixi, twitpic, atau yfrog. Setelah terdaftar pada situs-situs tersebut, kamu bisa mengirim gambar sebanyak-banyknya ke akun Twitter-mu.

Follow
Setelah kamu mengikuti Twitter sesorang, kamu bisa melihat update status mereka setiap saat. Untuk mengikuti orang lain, kamu tinggal mencari bar pencarian yang terletak di bagian atas halaman, setelah kamu menemukannya, klik “Follow”.

3. Fungsi Twitter secara Khusus


Penyingkat URL. Terkadang kalau kita tidak menyingkat URL, maka dia akan menghabiskan jumlah karakter yang terbatas. Untuk menyingkat URL biasanya menggunakan bit.ly, tiny.url dan Google URL Shortener.

Mention. Apabila kamu ingin menyebutkan pengguna lain dalam tweetmu, kamu cukup menambahkan symbol @, lalu mengetik nama pengguna atau organisasi lain. Contohnya:

"@bbcnews terimakasih atas liputannya"

Tweet ini akan muncul di berita bbc, begitu juga apabila kamu di mention oleh orang lain.

Retweet. Apabila kamu menemukan tweet orang lain yang menarik, lalu kamu ingin membagi tweet tersebut  ke semua orang, kamu tinggal melakukan retweet. Tombol retweet terletak dibawah status yang ingin kamu retweet tersebut.

Hash Tag. Has tag adalah cara untuk tweet dalam bentuk kategori, hal ini sama dengan tag yang terdapat pada artikel blog. Hash tag memiliki tanda pound “#”. Berikut contoh penggunaan hash tag:

"Dalam rangka pemberantasan korupsi #saveKPK"

Tulisan #saveKPK akan berubah menjadi biru. Apabila kamu klik hash tag tersebut, maka akan kelihatan daftar orang yang melakukan tweet menggunakan hash tag yang sama. Semakin banyak hash tag yang dilakukan oleh pengguna Twitter di seluruh dunia, maka dia bisa menjadi trending topics wide world.

4. Enjoy


Cara terbaik untuk mempelajari Twitter adalah dengan sering berbagi artikel atau pendapat kepada Follower-mu.

Sumber: http://www.instructables.com/

Related Posts

Subscribe Our Newsletter