Home » » Tips Mengisi Baterai Ponsel agar Lebih Cepat

Tips Mengisi Baterai Ponsel agar Lebih Cepat

Advertisement:

Tips Mengisi Baterai Ponsel agar Lebih Cepat - Ponsel memiliki fitur-fitur yang menarik untuk mendukung aktivitas sehari merekam video, memotret, menonton video, dan game. Namun, fungsi tersebut biasanya terkendala oleh kekuatan baterai. Baterai akan cepat habis apabila digunakan secara terus menerus, sehingga memaksa pengguna untuk meng-charge ponsel setiap saat. Apabila waktunya kurang tepat, proses pengisian baterai ini akan mengganggu aktivitas.

Tips Pengisian Baterai Ponsel agar Lebih Cepat

Misalnya kamu harus ketemu klien 30 menit lagi, sedangkan ponselmu baterai hanya tersis 10 persen. Pastinya hal ini bisa mengganggu komunikasi kamu dengan klien. Oleh karena itu, penting bagi pengguna ponsel agar mengetahui cara untuk mengisi baterai secara cepat. Berikut lima cara yang bisa kamu tempuh supaya baterai ponselmu tetap memiliki daya.

1. Menggunakan charger tablet
Pengguna ponsel bisa mengisi baterai lebih cepat apabila menggunakan adaptor yang lebih kuat, misalnya charger tablet atau iPad. Charger untuk smartphone pada umumnya lebih kecil, sedangkan charger tablet lebih kuat. Namun tidak semua charger tablet lebih kuat, karena ternyata dayanya kecil. Kamu bisa menggunakan charger smartphone lainnya yang memiliki daya lebih besar. Namun mengisi dengan charger tablet sebaiknya sesekali saja, karena dapat merusak baterai apabila sering dilakukan. 

2. Kabel USB yang Orisinil
Kualitas kabel USB juga sangat berpengaruh akan kecepatan pengisian baterai. Mungkin kebanyakan orang menyepelekan hal ini. Kabel USB yang murah (bukan asli) biasanya serabut kawatnya lebih tipis, sehingga tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam kawat yang digunakan juga sangat berpengaruh. Oleh karena itu gunakan kabel USB yang bagus, cari yang branded.

3. Menonaktifkan ponsel
Meskipun ponsel kamu sedang tidak beroperasi, namun dalam keadaan menyala tetap aplikasi-aplikasi tersebut aktif. Dengan aktifnya aplikasi tersebut, bisa menyedot daya dan membuat pengisian baterai lebih lambat. Oleh karena itu, ketika melakukan pengisian baterai, cobalah untuk mematikan ponsel, sehingga seluruh aplikasi tidak aktif. Walhasil daya lebih maksimal dalam mengisi baterai.

4. Jangan charge menggunakan port USB komputer
Output daya pada port USB komputer pada umumnya sebesar 0,1 A hingga 0,5 A. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan output  charger khusus ponsel yang bisa mencapai lebih dari 2A.   Dengan demikian pengisian daya juga akan jadi lebih rendah. Perlu diketahui bahwa port USB pada beberapa komputer sudah mendukung intrerface USB 3.0 yang mampu menyalurkan arus sampai 1A sehingga pengisian daya ponsel relatif lebih singkat singkat. 

5. Diamkan ponsel
Pada saat mengisi baterai, jangan gunakan ponsel. Gunakan untuk kegiatan yang penting saja seperti SMS atau panggilan telepon. Apabila tetap digunakan maka layar akan menyala, hal ini akan mengurasi baterai. Untuk aktivitas memutar video atau bermain game berusahalah untuk dihindari, karena membuat baterai akan semakin lama terisi.

Advertisement:

Share artikel via Google
Like kami via Facebook
Follow Me on Pinterest