-->

Brilian Kamera Nokia Lumia 1020, Spesifikasi, Review, & Harga

Harga Nokia Lumia 1020 - Untuk mengulas lebih jauh tentang Nokia Lumia 1020, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kehebatan kekuatan kameranya yang menjadi fitur utama pada ponsel tersebut. Produk ini memiliki kamera berkekuatan 41MP PureView menggunakan flash xenon dengan sistem operasi Windows Phone 8. Apabila Anda akrab dengan Nokia Lumia, pastinya 1020 tidak asing lagi karena keseluruhan bentuk dan lekuknya mengingatkan kita pada Lumia 920 dan Lumia 820 yang bentuknya lebih kecil.

Tampilan depan ponsel akan ditemukan layar touchscreen berukuran 4,5 inch 1280 x 720. Ketika kita menghadap layar, pada bagian pinggir kiri bebas dari berbagai tombol atau port. Sedangkan bagian kanan terdapat tombol volume, tombol power/standby, dan tombol kamera. Di dasar ponsel akan ditemukan port micro-USB dan speaker/mikrofone, sedangkan posisi atas terdapat SIM Card, headset jack berukuran 3.5mm, dan  mikrofone lainnya untuk meredam kebisingan.


Pada bagian belakang perangkat tampak sangat mencolok modul kamera yang besar, flash xenon, lampu LED, dan lensa kamera. Oleh karena modul kamera menonjol, maka pada saat meletakkan sebaiknya punggung ponsel tidak dijadikan sebagai tumpuan. Bahkan bila kameranya tidak besar, ponsel ini bentuknya tampak sudah cukup besar. Meskipun demikian 1020 terasa lebih ramping dan ringan bila dibandingkan dengan Lumia 920.

Sebagai gambaran, dimensi Lumia 1020 memiliki tinggi 130.4 mm, lebar 71.44 mm, dan tebal 10.44 mm dengan berat 158 gram. Seperti yang Anda lihat, bentuknya cukup luas dan agak sedikit menggembung bila dibandingkan dengan standar ponsel modern saat ini.

Meskipun lebar dan berat, namun ponsel ini masih cocok untuk dibawa kemana-mana. Jari-jari pengguna masih cukup lincah untuk memegang dan memainkannya. 1020 tersedia dalam dua warna yaitu kuning dan putih. Bagian internal ponsel terdapat prosesor Qualcomm Snapdragon dual-core 1.5GHz, RAM 2GB, memori 32GB, dan baterai 2.000 mAh.

LAYAR DAN KINERJA

Nokia Lumia menggunakan sistem operasi Windows Phone 8, apabila Anda pernah menggunakannya, pasti tidak akan canggung lagi saat mengoperasikannya. Versi Windows Phone 8 dikenal dengan istilah Amber yang tersedia hanya pada perangkat Nokia, dimana Windows Phone 8 merupakan versi terbaru dari platform Microsoft. Pada versi terbaru ini telah ditambahkan beberapa fitur baru yang bagus, meskipun tidak merubah platform secara besar-besaran.


Anda dapat melakukan aktivitas baru dengan menggunakan update Amber seperti double tap layar untuk menyalakannya atau flip telepon disaat suasana hening. Selain itu Anda dapat menambahkan beberapa wallpaper baru. Apabila layar utama digeser, akan terlihat seluruh aplikasi termasuk pengaturan.

Terdapat beberapa aplikasi besar di Windows Phone 8 seperti Facebook, Twitter, CNN, Foursquare, dan banyak lagi, namun kehilangan aplikasi populer lainnya seperti Instagram dan Vine. Kurangnya dukungan aplikasi menjadikan orang enggan mengadopsi platform Windows Phone. Fitur lain yang terasa hilang adalam sistem notifikasi terpusat. Dengan iOS dan Android, Anda dapat melihat seluruh notifikasi dan update pada menu layar utama, namun tidak begitu halnya pada Windows Phone 8.

Dalam penggunaan sehari-hari tidak terjadi lag (keterlambatan) sama sekali. Oleh karena itu, selain kekuatan kamera, hal ini juga menjadi nilai tambah bagi kinerja 1020.

KAMERA

Area kamera Lumia 1020 sangat besar, saat menelepon akan terlihat demikian, begitu halnya orang lain yang ada di sekitar Anda. Sementara ponsel tersebut tampak lebih kecil dari pendahulunya, Lumia 920, sehingga kesan kamera yang besar menjadikan ponsel terasa lebih berat.

Kamera memiliki lampu flash xenon yang memiliki white balance lebih dekat ke siang hari atau sekitar 5.600 – 5.800 kelvin. Kekuatan flash sangat kuat sehingga Anda memiliki posisi pengambilan gambar yang lebih variatif. Kamera Lumia 1020 berkekuatan 41MP, namun hal ini bukan berarti kita bisa mengambil foto 41MP sepanjang waktu. Apabila rasio diatur 16:9 maka akan mengambil foto 34MP, bila rasio 4:3 maka foto 38MP. Ukuran bawaan (default) foto sebesar 5MP. Gambar 5MP merupakan ukuran yang biasa dishare di Twitter, Facebook, atau email sebagaimana yang biasa dilakukan dengan menggunakan ponsel lain. Untuk foto berukuran besar seperti 34MP dan 38 MP harus ditransfer ke komputer terlebih dahulu bila ingin diedit atau dicetak. Ukuran file gambar terlalu besar untuk dishare atau ditransfer melalui jaringan AT & T.

Karena resolusi foto yang besar, maka Anda memiliki ruang untuk menurunkan resolusi tanpa mengurangi banyak kualitas gambar. Kamera dapat zoom 3x dengan tetap menjaga kualitas gambar, karena pada akhirnya ukuran gambar paling minimal adalah 5MP.

KUALITAS PANGGILAN, KONEKTIVITAS, DAN DAYA TAHAN BATERAI

Kualitas panggilan Lumia 1020 sangat bagus. Suara telepon terdengar jelas melalui lubang suara dan speakerphone. Ketika berada di luar rumah suara terdengar kurang jelas, tidak seperti ponsel lainnya semisal HTC One.

Produk ini didukung pula dengan Wi - Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 3.0 , NFC dan LTE band 2, 4, 5, dan 17. 1020 memiliki kecepatan diatas jaringan LTE AT & T  termasuk cepat dalam browsing web, akses Twitter, dan melihat foto di Facebook.

Daya tahan baterai cukup baik dengan 2.000 mAh, meskipun tidak sebesar produk-produk lain yang sekelasnya. Namun untuk kegiatan sehari-hari seperti cek email, mengirim dan menerima SMS, browsing jejaring sosial, dan memfoto, maka harus pandai mengatur aktivitas ponsel agar baterai tidak cepat habis.

SAMPLE FOTO NOKIA LUMIA 1020



Sumber: http://www.techradar.com

Related Posts

Subscribe Our Newsletter