Home » » Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi

Advertisement:

Cara Mempercepat Koneksi Internet Wifi - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mempercepat koneksi internet. Koneksi yang lambat akan membuat pengguna internet menjadi sedikit frustasi dan mengganggu seluruh aktivitas yang membutuhkan koneksi jaringan internet. Apabila kita mengalaminya, terlintas dipikiran apakah perlu membeli paket yang baru atau perlu mengganti dengan provider yang lain.

Terkadang pengguna sudah mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan koneksi yang cepat, namun harapan mereka sia-sia, koneksi tetap saja lambat. Untungnya ada cara untuk mempercepat koneksi internet tanpa harus mengubah ISP atau membeli komputer baru yang lebih powerful. Berikut beberapa tips yang bisa kami sampaikan untuk mempercepat koneksi internet yang kamu miliki.


Pertama: Hubungi Provider
Pertama-tama kamu harus menghubungi provider dan tanyakan kepada mereka mengapa koneksi internet sangat lambat, sedangkan kita sudah mengeluarkan biaya  yang mahal untuk memperoleh layanan mereka. Selain itu, periksa apakah paket kita sudah habis atau kemungkinan provider sedang melakukan perbaikan koneksi internet. 

Kedua: Pilih Browser yang Tepat
Kebanyakan orang masih menggunakan Internet Explorer (IE), sedangkan IE itu sendiri bukanlah jenis browser dengan respon yang cepat. Apabila kamu sering menggunakan koneksi internet, sebaiknya pilih browser lain seperti Chrome, Firefox, dan Opera agar kamu bisa membandingkan kira-kira browser mana yang cocok dengan hardware komputermu. Sebagai contoh, Chrome sangat cocok untuk komputer yang memiliki RAM rendah karena tidak membutuhkan memori terlalu besar seperti Firefox dan IE.

Ketiga: Melakukan Tweak pada Router
Apabila kamu menggunakan router, kamu bisa mempercepat koneksi internet dengan melakukan penyesuaian pada pengaturan router. Kebanyakan router bisa dilakukan tweak untuk membuka port dan meningkatkan kecepatan internet. Untuk memeriksa petunjuk pemakaian router tertentu, kamu bisa mencari informasinya di Google.

Sebelum melakukan tweak, periksa dulu apakah jarak router kita terlalu jauh sehingga berakibat pada koneksi internet yang lambat dan tidak stabil. Hal lain yang perlu dicoba yaitu dengan me-restart routermu. Terkadang tindakan sederhana ini secara dramatis mampu mempercepat koneksi internet.

Keempat: Mencegah Akses yang Tidak Dinginkan
Apabila kamu menggunakan Wi-Fi, pastikan bahwa koneksi internetmu tidak bocor ke orang lain. Semakin banyak yang menggunakan jaringanmu, maka koneksi akan semakin lambat. Sebaiknya kamu harus mengatur password WEP untuk mengantisipasi pengguna liar. Apabila hardware komputermu kompatibel, kamu bisa mengatur enkripsi WPA.

Kelima: Kontrol Penggunaan Bandwitdth
Ada banyak aplikasi yang akan menghabiskan bandwidthmu seperti Windows update, Windows Live Messenger, Skype, update Adobe Reader, dan aplikasi lainnya. Aplikasi tersebut biasanya update secara otomatis saat log in Windows yang terhubung langsung dengan jaringan internet. Kondisi ini akan menghabiskan bandwidth tanpa kita sadari.

Kebanyakan aplikasi dapat dikonfigurasi untuk tidak langsung update saat log in Windows atau setidaknya meminta ijin apabila akan mengakses internet. Apabila kamu merasa khawatir aplikasi tersebut menggunakan bandwidth secara diam-diam, gunakan perangkat gratis yakni Auslogics Task Manager yang berguna untuk mendeteksi aplikasi dan proses yang memakan lalu lintas jaringan internetmu.

Apabila koneksi internet turun tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, coba periksa komputer dari malware dan spyware. Software berbahaya tersebut sering menggunakan koneksi internetmu untuk mengirimkan informasi ke pengembang.

Keenam: Lakukan Perawatan Dasar Komputer
Apabila komputermu lambat, tidak peduli seberapa cepat akses internetnya, maka semuanya akan sia-sia. Untuk menjaga komputer agar selalu dalam kondisi baik, kamu harus melakukan pemeliharaan secara rutin seperti disk cleanup dan defrag, perbaikan registrasi, pemantauan startup, dan mengoptimalkan layanan Windows. Perawatan tersebut tidak hanya mempercepat kinerja komputer, namun juga akan mempercepat koneksi internet.

sumber: http://www.auslogics.com/

Advertisement: